Tentang Arema

Home / Tentang Arema

Arema F.C. lahir pada tanggal 11 Agustus 1987, dengan semangat mengembangkan persepakbolaan di Malang. Jauh sebelum itu, sebenarnya gairah Arek Malang begitu tinggi terhadap olahraga rakyat itu.

Waktu itu, Persema bagai sebuah magnet bagi warga Malang. Stadion Gajayana –home base klub pemerintah itu– selalu disesaki penonton. Sampai-sampai pohon tanjung di sekitar stadion “berbuah” orang. Di mana Arema waktu itu ? Yang pasti, ia belum mengejawantah sebagai sebuah komunitas sepakbola. Ia masih jadi sebuah “utopia”. Adalah Acub Zaenal yang kali pertama punya andil menelurkan pemikiran membentuk klub galatama.

Jasa “Sang Jenderal” tidak terlepas dari peran Ovan Tobing, humas Persema saat itu. “Saya masih ingat, waktu itu Pak Acub Zaenal saya undang ke Stadion Gajayana ketika Persema lawan Perseden, Denpasar,” ujar Ovan. Melihat penonon membludak, Acub yang kala itu menjadi Administratur Liga lantas mencetuskan keinginan mendirikan klub galatama. “You bikin saja galatama di Malang,” kata Ovan menirukan ucapan Acub.

Beberapa hari setelah itu, Ir Lucky Acub Zaenal –putra Mayjen TNI (purn.) Acub Zaenal– mendatangi Ovan di rumahnya, Jl. Gajahmada 15. Ia diantar Dice Dirgantara yang sebelumnya sudah kenal dengan dirinya. “Waktu itu Lucky masih suka tinju dan otomotif,” katanya. Dari pembicaraan itu, Ovan menegaskan kalau dirinya tidak punya dana untuk membentuk klub galatama. “Saya hanya punya pemain,” ujarnya. Maka dipertemukanlah Lucky dengan alm. Dirk Sutrisno, pendiri klub Armada.

Melalui beberapa kali pertemuan, maka Lucky A.Z., Ovan Tobing, Dirk Sutrisno dan Slamet Pramono, sepakat mendirikan Arema ’87. Materi pemainnya campuran klub Armada dan eks pemain Arseto seperti Efendi Azis, Mahdi Haris, dan lainnya.

Waktu itu, Arema ’87 masuk tahap persiapan mengikuti galatama musim kompetisi VII. Di tengah persiapan itu, masuklah notaris Pramu Haryono dan James Theo Setlight, menambah jajaran pengurus klub. Sempat ada kendala, yakni masalah dana –masalah utama yang kelak terus membelit Arema. “Kalau memang tidak ada alternatif lain, ya papimu Luk yang harus mendanai,” jelas Ovan saat mengantarnya ke Bandara Juanda.

Sepulang dari Jakarta, Acub Zaenal sepakat menjadi penyandang dana. Maka, masuklah Arema ’87 ke persaingan keras kompetisi Galatama. Mess pertama klub itu adalah barak Paskhas TNI AU di kompleks Lanud Abdulrahman Saleh.

Prestasi klub Arema bisa dibilang seperti pasang surut, walaupun tak pernah menghuni papan bawah klasemen, hampir setiap musim kompetisi Galatama Arema F.C. tak pernah konstan di jajaran papan atas klasemen, namun demikian pada tahun 1992 Arema berhasil menjadi juara Galatama. Dengan modal pemain-pemain handal seperti Aji Santoso, Micky Tata, Singgih Pitono, Jamrawi dan eks pelatih PSSI M.Basri, Arema mampu mewujudkan mimpi masyarakat kota Malang menjadi juara kompetisi elit di Indonesia.

Walaupun berprestasi lumayan, tapi Arema tidak pernah lepas dari masalah dana. Hampir setiap musim kompetisi masalah dana ini selalu menghantui. Sehingga tak heran hampir setiap musim manajemen klub selalu berganti.

Sejak mengikuti Liga Indonesia, Arema F.C. tercatat pernah 3 kali masuk putaran kedua atau 8 besar. Yang pertama pada musim kompetisi Liga Indonesia ke II tahun 1995 , pada musim kompetisi Liga Indonesia ke VI tahun 2000 dan musim Liga Indonesia ke VII tahun 2001, Arema kembali mengulangi suksesnya masuk putaran 8 besar yang berlangsung di Jakarta.

Pada tahun 2003, Arema mengalami kesulitan keuangan parah yang berpengaruh pada prestasi tim. Hal tersebut yang kemudian membuat Arema FC diakuisisi kepemilikannya oleh PT Bentoel Internasional Tbk pada pertengahan musim kompetisi 2003. Meski demikian, keberadaan Arema tetap tidak terselamatkan sehingga harus degradasi ke Divisi I. Tak lama kemudian, dengan materi dan dana dari pemilik baru, Arema berhasil menjadi juara Divisi I Liga Indonesia 2004 dan kembali berlaga di Divisi Utama pada musim kompetisi 2005.

Deskripsi Umum
Nama Tim: PS Arema Malang
Berdiri: 11 Agustus 1987
Julukan: Singo Edan
Home Base: Stadion Gajayana
Alamat Sekretariat: Jl. Panderman No.2A Malang
ALamat Mess: TRS, Jl. Raya Mulyo Agung, No.188, Sengkaling, Malang

Pengurus Yayasan Arema:
Penasehat: YW Junardy
Ketua: Darjoto Setiawan
Sekretaris: Satrija Budi Wibawa
Bendahara:Nicolaas B Tirtadinata

PARTNER

livescore123 Live skor bola 

Pengurus Arema FC:
Ketua Harian; Gandi Yogatama
Anggaran: Denny Kurniawan
Pembukuan: Gunawan Santosa
Bendahara: Haryanto
Personalia: Paulus Setyataruna
Humas: Taufan
Penanggungjawab Akademi Arema: Benny Dollo
Sekretariat: Ekoyono Hartono
Kepala Mess: Herry Brahwianto
Panpel: Mukhlis

Official Arema FC:
Manager: Gandi Yogatama
Pelatih Kepala: Benny Dollo
Asisten Pelatih : Winarto
Pelatih Kiper: FX Tjahyono
Dokter Tim: Dr. Zulfito Marendra
Pelatih Arema U17: Edy Sutrisno & Sunardi
Pelatih Arema U15:Joko Susilo & Setyo Budiarto

Catatan Prestasi:
Liga Indonesia 1994/1995 : Peringkat 6 Divisi Utama Wilayah Timur
Liga Indonesia 1995/1996 : Peringkat 12 Divisi Utama Wilayah Timur
Liga Indonesia 1996/1997 : Peringkat 3 Divisi Utama Wilayah Barat
Liga Indonesia 1997/1998 : Peringkat 6 Divisi Utama Wilayah Barat (Liga dihentikan)
Liga Indonesia 1998/1999 : Peringkat 3 Divisi Utama Wilayah Tengah
Liga Indonesia 1999/2000 : 8 Besar Divisi Utama (Peringkat 2 Grup Timur)
Liga Indonesia 2001 : 8 Besar Divisi Utama (Peringkat 3 Grup Timur)
Liga Indonesia 2002 : 8 Besar Divisi Utama (Peringkat 2 Grup Barat)
Liga Indonesia 2003 : Peringkat 17 Divisi Utama (Degradasi)
Liga Indonesia 2004 : Juara Divisi I (Promosi)
Liga Indonesia 2005 : 8 Besar Divisi Utama (Peringkat 2 Grup Barat)

Prestasi Lainnya:
– Juara Galatama 1992/1993
– Runner Up Piala Liga 1992